MAP

Jumat, 24 Februari 2012

MACAM-MACAM BATIK NUSANTARA

Batik merupakah motif yang unik dalam pakaian yang kita pakaian. Meski Batik tak hanya berkembang macamnya di Indonesia, melainkan juga ada Malaysian Batik dan lain sebagainya. Batik Nusantara diakui UNESCO sebagai warisan kebudayaan dunia. Jadi hak cipta pada asal muasal batik adalah kepemilikan batik di Indonesia. Macam Batik Nusantara ada beberapa macam yaitu sebagai berikut:

1.      Batik Yogyakarta

Seperti namanya mungin kita telah mengetahui macam batik yang satu ini. Batik Yogya atau juga Batik Jogjakarta ini berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Ciri khas jawa tentunya melekat pada filosofis motif batik ini.

2.     Batik Madura

Bila Anda telah banyak mengenal batik tentu tak lupa dengan jenis batik ini. Batik Madura atau juga Batik Tulis Madura adalah batik yang dibuat dengan cirri khas masyarakat Madura.

3.     Batik Pekalongan

Saat mengenal Batik, mungkin sebagaian orang akan tertuju pada kota ini. Kota yang biasa diidentikkan dengan batik. Batik Pekalongan memang sepertinya cukup banyak melekat di sebagaian orang dengan cirikhas Pekalongan dalam olahnya.

4.     Batik Solo

Hampir sama dengan batik pekalongan, macam batik solo juga punya keidentikkan. Solo sebagai kota yang bisa dibilang berada di pertegahan pulau jawa adalah kota batik juga. Hasil Batik di daerah ini cukup mempesona banyak orang

5.     Batik Pacitan

Jenis dari batik ini juga memiliki kultur dan pengolahan untuk mendapatkan motif batik yang unik. Batik Tulis Pacitan memiliki ciri khas yang bisa dibilang hamper sama meski sebenarnya kalau diteliti lebih dalam motif batik yang ditampilkan adalah berbeda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar